Jumat, 10 Juli 2015

Cara Membuat Radio Streaming (Icecast2)

Radio Streaming 
Juga dikenal sebagai web radio, radio internet, radio net atau e-radio. Radio streaming  pada dasarnya adalah  radio yang ditularkan melalui Internet. Tidak seperti webcasting, radio streaming adalah aliran yang terus menerus , dan dilakukan secara online. Hal ini merupakan trend yang sedang dinikmati masyarakat tapi tidak identik dengan  podcasting yang mengharuskan audio yang akan didownload, daripada streaming itu. Radio Streaming juga biasanya dapat diakses di seluruh dunia. Audio dimainkan dari server penyiaran , dan server akan mengirimkan musik ke pendengar.


Langkah-langkah membuat radio streaming:
1. Masuk ke browser kita, isikan IP proxmox.Login menggunakan root dan passwordnya*******

2. Saat mau memulai klik start lalu console.

3. Masuk ke Debian, login root dan masukan password.Untuk menginstall radio server masukan perintah #apt-get install icecast2.

4. Ketik y/yes untuk melanjutkan instalasi.

5. Untuk konfigurasi icecast2 pilih yes, masukan hostname, password source, dan ulangi kembali password yang dibuat tadi. Sekalian masukan juga password administration-nya.










6. Setelah selesai menginstall, kita masuk ke direktori xml-nya.

7. Pada bagian tulisan hackme diubah, diisi password yang telah dibuat tadi.

8. Masuk ke deffault-nya icecast2 pada tulisan "ENABLE=false" diubah menjadi "ENABLE=true". ctrl+o enter, ctrl+x enter.



9. Setelah itu kita restart.

10. Masukan IP anda ke web browser anda.Setelah anda masuk,pilih administration untuk login.

11. Masuk ke aplikasi mixx, jika belum punya download terlebih dahulu. Setelah masuk ke aplikasi, masuk ke option preference atau bisa juga dengan ctrl+p.

13. Pada bagian hostname isikan IP anda (192.168.43.2), untuk login pilih source, mount isikan radio, lalu kita enablekan public stream, stream name diberi nama smk-radio, website /radio.Artist :Live-Artist, Title: Artist.
Lalu enablekan "Enable Live Streaming". Kita apply lalu ok.


SEMOGA BERMANFAAT :)

0 komentar:

Posting Komentar