Jumat, 31 Oktober 2014

Kabel-kabel yang Digunakan untuk Jaringan



Kabel Twisted
  • Kabel UTP (Unshiled Twisted Pair)



Suatu kabel yang digunakan sebagai media penghubung komputer dan peralatan jaringan  (hub/switch). Kabel UTP merupakan salah satu kabel yang paling populer saat yang digunakan untuk membuat jaringan komputer.
  • Kabel STP (Shielded Twisted Pair)

Salah satu media transmisi yang digunakan untuk membuat sebuah jaringan yang berbasis lokal atau biasa disebut LAN.
  • Perbedaannya
pada material kabel dan bahan pembungkus kabel. Pada kabel UTP, material logam maupun isolator lebih lunak material pembungkusnyapun juga lebih lunak, kabel STP material logamnya lebih keras dan lebih besar sedikit.
Isolatornya lebih keras, istimewanya adalah metrial pembungkusnya, pertam terdapat pembungkus plastik bening tipis, kedua alumunium foil dan ada satu kawat yang fungsinya untuk ground.

Kabel Coaksial
  • Thick Coaksial Cable

memiliki ukuran yang bervariasi, diameter yang terbesar ditujukkan untuk penggunaan kabel backbone ethernet karena secara historis memiliki panjang transmisi dan penolakan noise yang lebih besar, seringkali disebut Thicknet.
  • Thin Coaksial Cable

Seiring dengan pertambahan ketebalan atau diamete kabel, maka tingkat kesulitan pengerjaannya pun akan semakin tinggi. Harus diingat pula bahwa kabel jenis thicknet harus ditarik melalui pipa saluran yang ada dan pipa ini ukurannya terbatas yaitu sekita 5mm.

Kabel Fiber Optic
  • SMF (Single Mode Fiber)

Serat optik yang dirancang untuk membawa cahaya hanya langsung turun serat-mode melintang. Mode adalah solusi yang mingkin dari persamaan Helmholtz untuk gelombang . Mode ini menentukan cara gelombang perjalanan melalui ruang, yaitu bagaimana gelombang didistribusikan dalam ruang. Gelombang dapat memiliki modus yang sama tetapi memiliki frekuensi yang berbeda.

  • MMF (Multi Mode Fiber)

Jenis serat optik ini bnayak digunakan untuk komunikasi jarak pendek, seperti di dalam gedung atau kampus. Khas multimedia link memiliki tarif data 10 Mb/s-10Gb/s lebih panjang link hingga 600 meter (2000 kaki) lebih dari cukup untuk sebagian besar aplikasi lokal.

SEMOGA BERMANFAAT :)

0 komentar:

Posting Komentar